Buka Rapat Koperasi SBW Malang, Menkop UKM RI Dorong Koperasi Go Digital

Berita Terbaru on 1 Jan , 1990

sbwmalang.com- Malang, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Menkop UKM RITeten Masduki membuka Rapat Anggota Rencana Kerja dan Anggaran tahun 2021 Koperasi Setia Budi Wanita Malang (Koperasi SBW Malang) secara virtual, Senin (23/11/2020).

Teten mendorong pelaku koperasi untuk melakukan percepatan digitalisasi koperasi saat era Pandemi Covid-19 dan seterusnya. Kementerian Koperasi dan UKM RI mempunyai lima fokus transformasi. Salah satunya adalah transformasi digitalisasi.

“Digitalisasi koperasi masih tercatat rendah. Ke depan kita punya market digital yang sangat besar. Indonesia pada tahun 2025 diperkirakan terbesar di Asia Tenggara. Jangan sampai pasar digital kita dimanfaatkan dan dikuasai produk-produk impor,” bebernya.

Sektor UMKM, kata Teten, telah melaju sekitar 16 persen yang terhubung dengan dunia digital. Pertumbuhan ini dicatat dan terkatrol saat kondisi pandemi, dimana produk pasar mulai diorbitkan secara digital.

Ia menilai digitalisasi salah satu target penting. Namun, pelaku koperasi diimbau tidak terjebak dalam sebatas akses pasar. Tapi mencari proses koperasi yang lebih akuntabel dan lebih dipercaya masyarakat.

Sementara, Ketua Umum Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang Sri Untari Bisowarno mengungkapkan bahwa koperasinya telah mengembangkan dunia digital. Salah satunya adalah SBW Mart.

Untari menguraikan ada lima segmen yang akan dikuatkan dalam internal dan eksternal koperasi. Termasuk mempercepat digitalisasi koperasi.

“Koperasi konsumen SBW Malang dan Dekopin sudah kontrak. SBW bisa jadi salah satu pilot project percontohan di bidang pengembangan IT,” ujar perempuan yang juga Ketua Umum Dekopin.

Untari mengatakan, era digital ini sudah menjadi kebutuhan mutlak yang telah masuk ke segala lini sektor kehidupan. Sebab itu, dirinya mencari terobosan dan menyusun pengembangan koperasi milenial bersama 31 perguruan tinggi.

Mereka telah meneken Memorandum of Understanding (MoU), bersamaan dengan acara ini. Secara kelembagaan juga diperkuat Untari agar tidak tergerus zaman yang bergerak cepat. “Kami mengikuti zaman yang berkembang biar tidak menjadi fosil. Kami juga perkuat produk kelembagaan,” pungkasnya.

Menkop UKM RI Teten Masduki mengajak memperkokoh peran koperasi dalam menunjang ekonomi Indonesia. “Selamat melaksanakan rapat kerja Koperasi SBW Malang. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anggota karena ini momen untuk anggota ke depan,” tutupnya.

 

Sumber berita: timesindonesia.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>